Monday, April 19, 2010

Bermacam-macam Tips Memasak

ANEKA TIPS

Buah Kelewat Matang
Jangan buru-buru dibuang. Sulaplah menjadi jus, selai, atau gunakan sebagai topping es krim, panekuk, serta wafel.
Image hosted by Photobucket.com
Ukuran Madu & Sirup
Jika di resep kue disebutkan diperlukan sekian Cc sirup atau madu, gunakan gelas ukuran minyak atau sendok untuk menakar agar ukurannya tepat.

Sayur Segar
Sayuran akan tetap hijau, segar, dan renyah jika dicuci bersih dengan air dingin kemudian keringkan dengan lap bersih yang kering. Simpan di lemari pendingin di dalam tempat atau kantong yang besar. Ingat, jangan memasukkan sayuran terlalu banyak sehingga kantung padat. Image hosted by Photobucket.com

Memoles Mentega Di Jagung
Agar jagung terasa lebih lezat, oleskan sebungkus kecil mentega yang biasa dipakai untuk
memoles roti pada permukaan jagung.

Image hosted by Photobucket.com


Memotong Mozzarella
Anda mempunyai masalah memotong keju yang bertekstur lembut seperti mozzarella? Simpan terlebih dahulu keju yang lembut tadi di freezer selama beberapa menit. Keluarkan saat akan memotongnya.
Nasi Wangi
Saat menanak nasi jangan lupa tambahkan 5 cm kayu manis. Masukkan kayu manis saat mengaron nasi atau dalam beras yang sudah diberi air jika memakai rice cooker. Aroma nasi akan lebih harum dan legit.

Image hosted by Photobucket.com


Serba-Serbi Talenan
  1. Gunakanlah selalu talenan yang terbuat dari kayu sehingga tidak menjadikan pisau tumpul.
  2. Sedapat mungkin hindari talenan plastik. Gesekan/irisan pisau dapat membuat lapisan plastik terkelupas dan serpihannya terbawa dalam sayuran/daging.
  3. Sebaiknya miliki dua talenan. Satu untuk sayur-mayur/bumbu dapur, lainnya untuk daging. Masalahnya, daging yang kurang segar banyak mengandung bakteri.



Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment