Wednesday, July 6, 2011

Lapis Surabaya/Spiku

Rahajeng nyangra Galungan lan Kuningan....

Hari ini perayaan galungan di Bali, dan setiap hari raya galungan semua umat Hindu Bali wajib memasang Penjor atau klo org Jakarta biasa nyebutnya Janur jadi klo udh hari raya galungan kuningan pulau Bali berdandan semua dihias dan rame.

Sebelum hari raya dapet pesenan dari anaknya temen baik mama yang tinggal disini, klo soal pesenan sih sebenernya gw gag mengkomersilkan hasil dapur gw cuma kadang2 klo memang ada yg pengen nyobain dan mesen ya udah dijalanin ajah itung2 latihan biar hasilnya lebih enak.

Pesenannya kali ini minta bikinin cake apa ajah yg penting enak katanya dan berhubung gw lg seneng banget sama yang namanya bikin spiku/lapis surabaya jadilah gw bikin itu kue ajah tp pesenan yang ini gw bikin 2 layer ajah warna coklat sama warna kuning klo gag salah jadinya disebut lapis malang deh bukan lapis surabaya soalnya klo lapis surabaya itu 3 lapis.

Kuenya lembut banget secara boros banget telur tapi dijamin pasti enak, here is the recipe yaah...

cake galungan copy


Lapis Surabaya/Spiku

Bahan :

10 kuning telur sedang
5 butir telur utuh
100 gr gula pasir
1 sdm ovalet/TBM
60 gr tepung terigu protein rendah
27 gr susu bubuk dancow
1 sdm maizena
100 gr butter, cairkan

Pelengkap :

selai strawberry
simple syrup
Butter cream
cherry dan jeruk mandarin kalengan

Cara Membuat :

Cara membuat Lapis Surapaya:

1.Kocok mentega, gula dan Ovalet/TBM sampai lembut dan mengembang.
2.Turunkan speed mixer sampai ke yg terendah masukan tepung terigu perlahan kemudian matikan mixer, pindahkan ke baskom yang besar aduk dengan spatula/ sendok karet sampai rata.
3.Sisakan adonan sedikit campurkan dengan mentega cair (tehnik pancing supaya mentega tercampur sempurna) campurkan ke dalam adonan di baskom besar aduk sampai rata dan tdk ada mentega cair yang tertinggal didasar baskom.
4.Oles loyang bulat ukuran 28 cm dengan mentega kemudian lapisi dgn kertas roti oles lg dgn mentega, tuang adonan ke dalam loyang oven dengan temperatur 170 derajat celcius selama 45 menit, angkat keluarkan dari loyang.

Penyelesaian :

semprotkan cake dengan simple syrup, oles dengan selai strawberry
lapis dengan butter cream, hias sesuai selera.

No comments:

Post a Comment